Wisata Edukasi SMP Labschool Jakarta

WISATA EDUKASI

Beberapa minggu setelah PTS kami semua mengadakan acara wisata edukasi di Serpong dan TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Wisata edukasi tersebut diselenggarakan pada hari kamis tanggal 19 oktober. Kami diminta agar datang lebih pagi dari biasanya, karena perjalanan menuju Serpong dan TMII tidak singkat, memakan sekitar dua jam. Pagi itu kami semua berkumpul di halaman SMP dan melaksanakan apel pembukaan serta briefing.
Setelah itu, kami semua beranjak menuju lapangan SMA dimana kami sudah ditunggu oleh puluhan bis yang siap untuk mengantarkan kami. Kami diperintahkan untuk membuat video perjalanan mulai dari sekolah hingga kembali ke sekolah, maka kami membawa kamera dan alat perekam lainnya dan melakukan dokumentasi tersebut secara berkelompok.
Sepanjang perjalanan kami tidak hanya diam, kami mendengarkan musik, merekam video, dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Kami juga saling bercakap - cakap mengenai apa yang akan kami semua lakukan setelah sampai di tempat tujuan. Dua jam tidak terasa sudah berlalu akhirnya kami sampai dengan selamat di tempat tujuan pertama kami yaitu Puspiptek Serpong.
Di sana kami banyak belajar tentang Puspiptek Serpong yang berisi banyak sekali benda - benda menarik, bahkan di sana juga terdapat nuklir, itu mengapa orang seperti ibu yang sedang hamil disarankan tidak mengunjungi tempat tersebut, karena radiasi yang dihasilkan sangat berbahaya bagi janin. Dan di sana tidak ada pohon berbuah karena buah yang dihasilkan oleh pohon tersebut akan terkena radiasi juga.
Tidak lama kemudian, kami segera beranjak ke lab dimana semua alat - alat rumah tangga di uji coba agar aman digunakan dan berfungsi dengn baik. Kami perlu mendengarkan semua hal yang diinformasikan oleh nara sumber dengan baik, karena kami disuruh mencatat informasi - informasi penting yang ada selama perjalanan. Selain itu, kami juga merekam video tentang tempat itu dan semua hal - hal menarik di sana, kami juga tidak lupa untuk berfoto di sana.
Sehabis mengunjungi lab tersebut, kami berterimakasih kepada yang berwenang atas tempat itu dan langsung melanjutkan perjalanan kami ke tempat selanjutnya, yaitu TMII. Kami menyantap makan siang kami di dalam bis, sebelum ke TMII kami bersinggah di masjid sebentar untuk menunaikan ibadah salat dzuhur terlebih dahulu.
Sesampainya di TMII, kami mengunjungi Skyworld, tempat ini berisikan semua hal - hal yang mengenai angkasa luar, mulai dari Bumi ini sampai tata surya yang kedua. Saat pertama masuk kami menonton film yang berdurasi cukup lama mengenai semua benda di alam semesta ini dan penjelasan di balik itu semua. Kami tentu sangat menikmatinya karena topik tersebut memang sangat menarik dan membuat penasaran.
Tidak hanya itu, kami juga melihat - lihat sejarah mengenai angkasa luar seperti yang menemukan roket atau pesawat luar angkasa, dan juga tentang planet - planet lain di sekitar Bumi. Setelah melihat – lihat, kami menonton film di planetarium, itu merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan, kami seolah - olah mengelilingi alam semesta beserta isinya. Kemudian kami menyaksikan film 5 dimensi dan istirahat sejenak sambil memakan snack. Setelah itu kami, pergi ke Masjid sebelum kami datang tadi untuk salat ashar. Saat itu sedang turun hujan, oleh karena itu, kami terpaksa harus bergerak cepat agar tidak kehujanan
Kami seharusnya melanjutkan wisata edukasi kami ke Museum Air Tawar, tetapi karena hujan sudah sangat deras kami terpaksa harus membatalkan kunjungan ke tempat tersebut. Sejujurnya, kami sangat kecewa kunjungan tersebut dibatalkan, karena kami tahu bahwa kunjungan ke Museum tersebut pasti akan sangat seru dan menyenangkan. Selain itu, pasti banyak juga hal - hal menarik, apa lagi semua itu berhubungan dengan air, pasti akan sangat seru jika kami semua bisa mengunjungi tempat itu.
Tapi apa boleh buat, kami pun akhirnya menunggu di Masjid dari waktu ashar sampai waktu maghrib. Kami menunggu di bawah hujan yang sangat deras, derasnya mengalahkan semua suara di dalam. Tetapi hal itu tidak menghentikan kami untuk tetap berdzikir dan berdoa menunggu adzan maghrib berkumandang. Tidak terasa akhirnya waktu maghrib tiba dan adzan sudah terdengar kami pun bersiap - siap untuk melaksanakan salat maghrib.

Selesai salat maghrib, hujan yang deras sudah terganti oleh malam yang malam yang sunyi, kami pun akhirnya berkemas - kemas dan langsung pergi dari Masjid ke dalam bis. Setelah kami semua sudah di dalam bis, kami akhirnya kembali ke sekolah, tetapi karena sudah agak malam, jalanan menjadi macet, oleh karena itu kami semua harus menempuh perjalanan yang cukup lama. Walaupun begitu, kami tetap bersenang - senang di bis. Dan akhirnya kami sampai di sekolah sekitar pukul sembilan dan bisa pulang kerumah masing - masing. Pengalaman tersebut merupakan salah satu pengalaman terbaik kami, karena kami bisa belajar sekaligus bergembira dengan teman - teman saya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer